Mahasiswa KKN Unipa Surabaya Gelar Seminar Parenting di Ploso Sidoarjo

Foto: Mahasiswa KKN Unipa Surabaya Gelar Seminar Parenting di Ploso Sidoarjo.

LintasPortal.com - Mahasiswa KKN Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar seminar Parenting bertema ''Pahami dan Kenali Kekerasan di Lingkungan Sekolah'' di SDN Ploso, Krembung, Sidoarjo, Selasa (3/1/2023) lalu. 

Turut hadir pula kepala sekolah, wali kelas 5 dan wali murid sebagai bentuk dukungan atas terlaksananya seminar ini.

Materi seminar disampaikan langsung oleh dua Mahasiswa Unipa Surabaya, Luthfiyah Amirah Lubis dan Yevi Dwi Nesya. Tak lupa pula dosen pembimbing lapangan, Setiana Andrawulan.

Dalam pemaparannya, Amirah mengatakan, terdapat segitiga perundungan dimana hal tersebut menjadi siklus jangka panjang yang sulit dihentikan jika tidak ada tindakan penghentian dari lingkungan sekitar.

"Pentingnya peran seluruh elemen masyarakat bahkan hingga pemerintah untuk turut andil dalam menghilangkan perundungan, dengan lebih sadar terhadap tindakan yang terjadi siswa," ujarnya.

"Not a Bully, Be a Buddy," imbuhnya.

Sementara itu, Nesya menekankan pada pencegahan apa saja yang harus dilakukan untuk menindak kasus bullying, di sekolah dan siapa saja yang dapat ikut membantu berperan dalam kasus kekerasan di sekolah.

Foto: Mahasiswa Unipa Surabaya bersama jajaran guru SDN Ploso Sidoarjo.

Tidak hanya itu saja, pada penyampaian materi kedua ini terdapat penayangan video yang menceritakan bagaimana bullying yang terjadi di sekolah, dampak dan tindakan yang harus diambil untuk mengatasi tindakan tersebut, sehingga terciptanya sekolah yang aman dan nyaman untuk siswa.

"Jangan biarkan orang lain mengontrol hidupmu," tegasnya.

Kepala sekolah SDN Ploso, Dwi Kusumawati merasa bersyukur di lingkungan SDN Ploso tidak ada kasus kekerasan dan besar harapan beliau kondisi tersebut akan terjaga untuk seterusnya.

"Tidak ada bullying di SD Ploso," tuturnya.

Pada saat sesi tanya jawab berlangsung, terdapat salah seorang wali murid juga yang berpesan bahwa sebisa mungkin ciptakan lingkungan yang nyaman di kelas sehingga peristiwa bullying bisa terhindarkan.

Di akhir acara seminar, mahasiswa KKN Universitas PGRI Adi Buana memberikan poster bullying yang nantinya akan ditempel di mading sekolah atau pun di tempat yang mudah bagi setiap siswa melihat dan membacanya. Sebagai bentuk pengingat tidak adanya kekerasan di SD Negeri Ploso, Krembung. (LP2)