Mata uang kuno di Dunia ada yang mencapai Rp 100 M lebih

Mata Uang Kuno
LintasPortal.com - Dilansir dari IDX Channel, Uang kuno termahal di dunia kini jadi incaran banyak kolektor. Faktor usia dan kelangkaan dari uang tersebut jadi salah satu penyebab harga uang kuno semakin melambung tinggi.

Tak hanya itu saja faktor yang membuat uang kuno bernilai mahal. Pasalnya bahan berkualitas dan nilai sejarah yang tinggi mampu menaikan nilai dari uang kuno tersebut.

Berikut sederet uang kuno termahal di dunia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

6 Uang Kuno Termahal di Dunia

1. Flowing Hair Silver
Uang kuno termahal di dunia yang menempati urutan pertama adalah Flowing Hair Silver atau kerap disebut Copper Dollar. Jika Anda ingin mengoleksi uang tersebut, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp142,6 miliar. Hal itu disebabkan karena uang tersebut diyakini merupakan uang koin perak cetakan pertama yang dikeluarkan pemerintah Federal Amerika Serikat sejak 1794.

2. Double Eagle
Di urutan kedua ada uang kuno yang dicetak pada tahun 1933. Koin ini bernama Double Eagle, Theodore Roosevelt yang saat itu menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat sempat melarang warganya yang memiliki emas. Oleh sebab itu uang koin tersebut sempat ditarik dari peredaraan. Karena krisis perbankan yang terjadi di tahun 2022, Uang kuno Double Eagle dilelang oleh Theodore seharga USD7.5 juta atau setara dengan Rp 108,4 miliar.

3. Saint-Gaudens Double Eagle
Uang kuno termahal di dunia yang menempati posisi ketiga yakni Saint-Gaudens Double Eagle. Uang kuno tersebut memiliki desain yang cukup rumit sehingga sulit diproduksi dalam jumlah besar. Anda hanya perlu membeli uang tersebut dengan harga USD7,6 juta atau setara dengan Rp108,4 miliar.

4. Brasher Doubloon
Uang kuno termahal selanjutnya yaitu Brasher Doubloon yang dicetak pada tahun 1787 oleh Ephraim Brasher. Siapa sangka? Jika uang ini dibeli Wall Street seharga USD7,4 juta atau setara dengan Rp105,5 miliar. Perlu diketahui jika koin kuno tersebut dibuat dari bahan tembaga kala itu.

5. Edward III Florian
Pada urutan kelima ada uang kuno Edward III Florian yang memiliki harga sekitar USD6,8 juta atau setara Rp96,9 miliar. Uang tersebut menjadi bernilai mahal karena dicetak pada tahun 1343 dan menjadi uang koin tertua.

6. Liberty Head Nickel – Mortan Smith Eliasberg
Di urutan terakhir yakni uang kuno Liberty Head Nickel – Mortan-Smith-Eliasberg yang dicetak pada tahun 1913. Memiliki permukaan menyerupai cermin dan juga langka membuat nilai uang tersebut menjadi mahal yaitu sekitar USD4,5 juta atau setara Rp64,2 miliar. (*)