Keluarga WR Soepratman Kirim Surat ke DPRD Surabaya, Keluhkan Infrastruktur di Makam

  
Salah seorang keluarga sekaligus ahli waris WR Soepratman, Soerachman Kasansengari
LintasPortal.com - Keluarga WR Soepratman tiada henti berusaha memperjuangan kelayakan makam pencipta lagu Indonesia Raya tersebut.

Perlu diketahui, makam WR Soepratman berada di Jalan Kenjeran, Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Salah seorang keluarga sekaligus ahli waris WR Soepratman, Soerachman Kasansengari mendatangi kantor DPRD Surabaya untuk mengirim surat perihal perbaikan trotoar dan pemasangan lampu di sekitar makam.

Kedatangan Soerachman ke Gedung Wakil Rakyat ini sebagai reaksi "kecewa" setelah surat yang sama dikirim ke Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim tidak pernah direspon.

Surat permohonan tersebut sudah ia kirim ke pemprov dan pemkot pada 28 April 2022. Bahkan, surat yang sama juga dikirim ke pemkot pada 3 Juni 2022.

"Namun semuanya itu tidak pernah mendapat balasan. Padahal inti suratnya itu adalah permohonan saya sebagai keluarga (WR Soepratman, red) untuk bisa memperbaiki trotoar yang berada di sekeliling makam WR Soepratman," ujar Soerachman saat diwawancarai di Gedung DPRD Surabaya, Senin (5/9/2022).

Ia menyebut kondisi infrastruktur di sekitar makam WR Soepratman sekarang sudah tidak layak. Hal itu membuat dirinya merasa prihatin. Mengapa bisa makam Pahlawan Nasional dalam kondisi tak terurus.

"Di mana keadaannya sangat memprihatinkan dengan terbuat dari beton plat, yang tidak sama tingginya dan di sana-sini ada yang berlobang. Jadi gak ada beton platnya. Kemarin yang saya hitung beton plat yang berlubang ada 4 tempat," jelas pria 77 tahun ini.

Lantas ia membandingkan kondisi makam pahlawan di Kusuma Bangsa, Surabaya yang tetap terjaga dan nampak begitu indah di pandang.

"Apa mereka (pemkot dan pemprov, red) ini lupa kalau pahlawan ini (WR Soepratman, red) Pahlawan Nasional, bukan makam sembarangan. Ya diperhatikan sebagai penghargaan kepada beliau yang sudah berjuang," bebernya.

Dengan surat yang sudah dikirim ke Ketua DPRD Surabaya ini, ia berharap besar ada respon baik sehingga makam WR Soepratman bisa diperhatikan secara khusus.

"Mudah-mudahan dengan cara ini, saya ke sini mengharapkan dengan sangat uluran tangan DPRD Surabaya untuk bisa "njewer" (mengingatkan) wali kota atau pemkot itu supaya keadaan trotoar di makam di pahlawan nasional WR Soepratman ini segera diperbaiki," tandasnya.

Sebenarnya, ketika mengirim surat, Soerachman juga berniat ingin bertemu Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono. Hanya saja, pada saat bersamaan ia sedang kedatangan tamu. "Iya. Ada tamu," jawab Adi saat dihubungi melalui pesan seluler.

Surat Soerachman kini sudah dikirim dan diterima oleh Staf Ketua DPRD Kota Surabaya. Untuk saat ini ia perlu menunggu apakah surat tersebut akan direspon atau masih tetap diabaikan. (LK/LP)
Lintas Portal