Cek Kepribadianmu Sekarang Juga Disini

Wayang Salah Satu Kesenian Warisan Leluhur (wikimedia)
 

LintasPortal.com - Seorang manusia memiliki kepribadian yang berbeda dengan manusia lainnya, tidaklah mungkin sama kepribadiannya, ada kepribadian Penyayang, Penyabar, Pendendam, Pemaaf dan lainnya.

Menurut Primbon Jawa, kepribadian manusia dapat diketahui dari Hari Lahir dan Pasaran saat manusia tersebut lahir kedunia. Hari Lahir dan Pasaran berupa hitungan angka yang menunjukkan kepribadian manusia tersebut, lebih jelasnya bisa cek dibawah ini.




Dari tabel keterangan diatas, untuk mengetahui kepribadian manusia dapat dihitung angka kepribadiannya dengan contoh dibawah ini:

Seorang manusia lahir pada hari Senin dengan Pasaran Kliwon maka:

Hari Lahir Senin memiliki nilai angka 4
Pasaran Lahir Kliwon memiliki nilai angka 8
Maka total 4 + 8 = 12

Dari total 12 tersebut berarti memiliki karakter Lakune Kembang

memiliki karakter ‘gelem diturut tapi emoh dadi punjeran’. Sifat utamanya adalah cinta damai, sehingga sering mengalah kepada orang lain. Tak hanya itu, mereka pun penurut dan rajin dalam kesehariannya.

Dengan cara menghitung yang sama, dapat dengan mudah kita menemukan karakter yang lainnya, cek dibawah ini lebih lengkapnya.

1. Total 7 Memiliki Karakter Pendito Kang Lelaku
Orang yang lahir di hari selasa wage memiliki Total 7. Karakter utama mereka adalah ‘seneng nglencer’ atau senang bepergian jauh. Ia tak akan tahan berdiam di satu tempat untuk waktu yang lama, sehingga tampak sering berpindah-pindah. Baik dengan tujuan liburan atau rekreasi, maupun terkait pekerjaan. Mereka juga disebut memiliki sifat sedikit pemalas dan sulit berkomunikasi dengan baik.

2. Total 8 Memiliki Karakter Lakune Geni
Hati-hati dengan orang yang lahir di hari selasa legi dan senin wage. Konon mereka memiliki karakter cilik kaitane, gede pungkasane. Artinya, ia senang mendendam dan karakternya seperti bara api yang bisa membakar orang lain.

3. Total 9 Memiliki Karakter Lakune Angin
Masyarakat jawa meyakini bahwa mereka yang memiliki Total 9 gampang dielus pikirane. Artinya, ia mudah terpengaruh oleh orang lain dan tidak memiliki pendirian yang kuat.

4. Total 10 Memiliki Karakter Pendito Mbangun Teki
Sering bertemu orang yang gemar menasehati orang lain tapi tak suka jika mendapat saran? Bisa jadi orang tersebut memiliki Total 10. Karakter utama mereka dalam bahasa jawa dikenal sebagai ‘galem nuturi wong tapi gak galem dituturi’. Namun sebenarnya mereka adalah pribadi yang cerdas dan tak mudah tersinggung dalam bersosialisasi.

5. Total 11 Memiliki Karakter Lakune Setan
Kalimat ‘ela elu, gak kena dadi pimpinan’ sangat tepat untuk menggambarkan karakter satu ini. Menurut primbon jawa, orang dengan Total 11 tak cocok untuk menjadi pemimpin. Pasalnya mereka merupakan tipikal orang yang plin plan, sehingga tidak dapat mengambil keputusan.

6. Total 12 Memiliki Karakter Lakune Kembang
Mereka denganTotal 12 disebut memiliki karakter ‘gelem diturut tapi emoh dadi punjeran’. Sifat utamanya adalah cinta damai, sehingga sering mengalah kepada orang lain. Tak hanya itu, mereka pun penurut dan rajin dalam kesehariannya.

7. Total 13 Memiliki Karakter Lakune Lintang
Orang yang memiliki Total 13 adalah pribadi yang ‘emoh dadi punjeran, melok-melok ora iso digayuh’. Mereka memiliki pesona yang luar biasa, sehingga orang senang berkumpul di sekitarnya. Meski begitu, menurut ilmu primbon jawa weton dan watak, mereka tak bisa menjadi seorang pemimpin. Hal ini karena jiwanya cenderung senang bertualang, sehingga sulit untuk menetap.

8. Total 14 Memiliki Karakter Lakune Mbulan
Istilah lakune mbulan sangat cocok untuk orang dengan Total 14. Mereka adalah pendengar dan pemberi saran yang baik, sehingga bisa menjadi pencerah bagi banyak orang. Singkatnya, mereka merupakan penunjuk jalan bagi teman-temannya yang sedang mengalami masalah. Sosoknya juga memiliki citra cerdas dan mudah bergaul dengan siapa saja.

9. Total 15 Memiliki Karakter Lakune Geni
Watak utama mereka dengan Total 15 adalan pendendam. Mereka memiliki emosi yang mudah tersulut, seperti karakter api. Ia juga tak suka jika mendapat perintah, karena hatinya cenderung keras dan tegas. Oleh sebab itu, dalam hidupnya akan sering terjadi masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

10. Total 16 Memiliki Karakter Lakune Bumi
Menurut ilmu primbon jawa weton dan watak, mereka dengan Toal 16 adalah pribadi yang senang mengayomi. Mereka juga mudah untuk mengikuti aturan karena memiliki hati yang lemah lembut. Meski begitu, jika sedang marah, pribadi ini bisa berubah menjadi sangat menyeramkan.

11. Total 17 Memiliki Karakter Lakune Gunung
Mereka dengan Toal 17 memiliki sifat yang moody, pendiam, dan terlalu baik. Saking baiknya, banyak pula yang menyebut mereka lambat, karena mudah tertipu. Terlebih mengatur sikap mereka juga cenderung mudah apabila seseorang berhasil mengambil hatinya.

12. Total 18 Memilki Karakter Lakune Paripurna
Kamu harus sedikit berhati-hati dengan mereka yang memiliki Total 18. Menurut ilmu primbon jawa weton dan watak, mereka memiliki karakter yang egois dan dominan. Sehingga cenderung haus kekuasaan dan tak suka jika permintaannya mengalami penolakan. Mereka juga mudah panas, namun amarahnya cepat reda dengan sendirinya.

Demikian penjelasan singkat tentang Kepribadian Manusia menurut Primbon Jawa, semoga menambah wawasan dan keilmuan. (Uchky/LintasPortal).

Sumber: https://www.99.co/blog/indonesia/ilmu-primbon-jawa-weton-dan-watak/