Selamat Ulang Tahun Ke-60 Pak Joko Widodo Presiden RI

Foto: Joko Widodo Presiden RI

 

LintasPortal.com - Hari ini adalah hari spesial bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena hari ini, 21 Juni merupakan hari kelahirannya.


Presiden RI itu lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Ini merupakan tahun ketujuh Jokowi memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi pun mengalir, salah satunya dari musisi Addie MS.

"Selamat berulang tahun yang ke-60, Presidenku, Ir. H. Joko Widodo! Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amiiin,#jokowi60 @jokowi," tulis Addie MS di akun Twitternya, Senin (21/6/2021).

Selain Addie MS, netizen di Twitter juga mengucapkan ulang tahun ke-Jokowi. Mereka mendoakan kebaikan untuk Jokowi.

Diketahui, Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, pada tahun 1986. Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah.

Jokowi awalnya adalah pengusaha mebel. Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kemudian mengawali karier di dunia pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Surakarta.

Kemudian, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Lalu di tahun 2014, Jokowi menjadi presiden. Saat itu dia berpasangan dengan politikus senior Golkar, Jusuf Kalla.

Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI setelah memenangi Pilpres 2019 lalu. Sembilan partai yang mendukungnya memenangi Pilpres 2019 yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, PKB, PSI, Perindo, Hanura, dan PKPI.

Jokowi Tak Pernah Rayakan Ultah

Jauh sebelum pandemi Corona melanda, yakni pada tahun 2019, Jokowi pernah mendapat beberapa kejutan di hari ulang tahunnya ke-58. Jokowi juga sempat diberi kue ulang tahun lengkap dengan lilin, namun dia tak meniup lilin tersebut.

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun, jadi jangan ada yang mengulangtahuni," kata Jokowi tersenyum.Kejutan kue ulang tahun disertai dengan lilin yang terbakar itu diberikan oleh sejumlah wartawan kepada Jokowi di salah satu restoran yang ada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (21/6/2019) lalu. Usai makan siang, Jokowi dihampiri wartawan yang membawakan kue tersebut sambil mengucapkan selamat ulang tahun ke Jokowi.

Dia mengibaskan telapak tangan kanannya ke arahan lilin kecil itu hingga api di lilin itu padam. Jokowi pun tertawa. Para wartawan dan tamu lain di restoran itu bertepuk tangan.

Sumber: Detik