McDonald's Kolaborasi Dengan BTS Bakal Raup Miliaran Rupiah

Foto: BTS Meals Menu Terbaru Dari McDonald's
LintasPortal.com - BTS Meal, kolaborasi antara raksasa makanan cepat saji (fast food) McDonald's dengan boyband asal Korea Selatan BTS, diproyeksikan siap mencetak jutaan dolar atau miliaran rupiah.

Setelah diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada 26 Mei lalu, BTS Meal mulai menyapa fans BTS di Indonesia hari ini, Rabu (9/6). Sebagai informaasi, BTS Meal di Indonesia hanya bisa dibeli melalui layanan Drive Thru, GoFood hingga GrabFood mulai pukul 11.00 WIB.

Dalam proyek eksklusif yang diluncurkan di 50 negara ini, paket makanan yang ditawarkan berupa nuggets ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis dan saus Cajun khas Korea Selatan.

Tak hanya itu, perusahaan juga menjajal merchandise khusus BTS terbatas di beberapa negara, berupa gantungan kunci, pouch, payung, selotip, dan pouch laptop.

Melansir Forbes, ini bukan pertama kalinya Mcdonald's berkolaborasi dengan penyanyi global. Sebelumnya, perusahaan menggandeng rapper Travis Scoot dan J Balvin untuk proyek serupa.

Bercermin dari kerja sama sebelumnya, ditaksir BTS meal bakal mencetak jutaan dolar. Pada September tahun lalu saat berkolaborasi dengan Travis Scott misalnya, McDonalds' membayar rapper berusia 28 tahun tersebut sebesar US$5 juta untuk promosi dan US$15 juta untuk penjualan merchandise.

Diproyeksikan penjualan BTS Meal bakal mengalahkan kolaborasi sebelumnya dengan Scott dan Balvin. Ini dilihat dari kepopuleran BTS yang mengalahkan keduanya.

Dari pengikut di Twitter, BTS memiliki 34,5 juta pengikut, sementara pengikuti Scott dan Balvin bila digabung hanya sekitar 20,1 juta orang.

Menurut Forbes 2020 Celebrity 100, BTS merupakan salah satu selebritas termahal di dunia. BTS duduk di posisi 47 dunia, jauh melampaui Scott yang didapuk nomor 82.

Meski tak dikonfirmasi oleh perusahaan, namun Forbes menyebut BTS mendatangkan 87 persen dari total pendapatan Hybe atau nama sebelumnya BigHit, agensi yang menaunginya. Pada paruh pertama 2020, dilaporkan Hybe mencetak pendapatan sebesar US$100 juta.

Melansir Business Korea, di China dan Jepang, McDonald's setempat memutuskan untuk tidak ikut berpartisipasi dalam BTS meal karena 'menyerah' duluan mengingat besarnya popularitas BTS di kedua negara.

"Perilisan BTS meal adalah sebuah opsi dan McDonald's di China dan Jepang menyerah secara sukarela. Kami tidak menyangka akan respons yang begitu mengejutkan di Jepang dan Prancis," kata perusahaan seperti dikutip pada Rabu (9/6).

Sumber: CNN INDONESIA

Lintas Portal
Lintas Portal