Eri Cahyadi: Saya yakin Musrenbang ini akan menjadi yang terbaik bagi Kota Surabaya

Foto: Eri Cahyadi Walikota Surabaya
 

LintasPortal.com - Dalam rangka menyerap aspirasi dan menghimpun masukan untuk arah kebijakan pembangunan Kota Pahlawan ke depan, Rabu (23/6/2021), Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Kota Surabaya.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, hadir pula Tokoh Masyarakat, perwakilan dari perempuan, perwakilan kelompok rentan, pakar beserta akademisi, perwakilan asosiasi, legislatif, hingga perwakilan dari PD vertikal di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Wali Kota Eri Cahyadi meyampaikan, bahwa semua masukan dan saran dari stakeholder dan berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam menyusun RPJMD Surabaya 5 tahun ke depan. Karenanya dia berharap segala masukan itu dapat disampaikan terutama terkait penanganan Covid-19 dan arah pembangunan Surabaya ke depannya.

“Saya yakin Musrenbang ini akan menjadi yang terbaik bagi Kota Surabaya. Semoga Musrenbang yang kita lakukan hari ini bisa memberikan yang terbaik buat warga Surabaya dan membawa Surabaya lebih baik lagi dikemudian hari,” kata Wali Kota Eri.

Menurutnya, upaya menggerakan roda perekonomian masyarakat dalam masa pandemi ini, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah bagaimana menghentikan laju penyebaran Covid-19.

“Kalau ekonomi tidak bergerak maka ekonomi Surabaya akan jatuh. Karena itu saya berharap dalam perencanaan ini, kalau itu pembangunan infrastruktur maka rencanakan yang bisa dirasakan langsung manfaatnya untuk masyarakat,” katanya.

Misalnya, Wali Kota Eri mencontohkan, infrastruktur seperti pasar yang manfaatnya bisa nampak untuk menggerakan roda perekonomian warga dan juga harus memunculkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya bisa langsung menyentuh ke warga.

“Makanya kita akan fokus kepada pendidikan, kesehatan, pelayanan publik dan tenaga kerja. Dampak dari pandemi ini membuat masyarakat susah, kita harus hadir di tengah-tengah mereka untuk memunculkan kegiatan-kegiatan yang bisa dirasakan masyarakat,” terangnya.

Karena itu, Wali Kota Eri ingin supaya anggaran yang direncanakan ke depan harus ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Surabaya, selaras dengan visi Wali Kota Eri Cahyadi, yakni ‘Gotong Royong Menuju Surabaya Kota Dunia yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan.

“Saya berharap bagaimana pembangunan ekonomi terus berjalan. Kita tidak boleh menyerah dalam kondisi pandemi seperti ini, pembangunan fisik tetap berjalan tapi bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu berharap semua pihak dapat memberikan masukannya untuk arah RPJMD ke depan, tujuan pembangunan di Surabaya bukan untuk kepentingan wali kota. Tapi pembangunan Surabaya ditujukan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap semuanya bisa memberikan masukan, sehingga semua anggaran untuk kepentingan umat, bukan kepentingan pribadi atau hanya untuk kepentingan pemerintah kota. Tolong buat anggaran yang benar-benar menyentuh ke masyarakat,” pesan dia. (*)

Lintas Portal
Lintas Portal