Menjelang Ramadhan, PPSDS Jatim: Harga Daging Sapi Stabil

Foto: Muthowif Ketua PPSDS Jatim
LintasPortal.com - Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Jawa Timur (PPSDS Jatim) memprediksi harga daging Sapi tetap aman dan stabil menjelang bulan ramadhan 1442 H/2021 yang akan datang dalam beberapa bulan lagi,

Ketua PPSDS Jatim, Muthowif menyampaikan dan menilai Sapi siap potong di Jatim masih mencukupi kebutuhan permintaan masyarakat Jawa Timur dalam keterangan persnya.

"Dengan adanya ketidak ketergantungan pada sentra sapi tertentu dan minimnya permintaan tersebut, saya berkeyakinan sampai dengan bulan puasa ramadhan 2021 M/1442 H, harga daging sapi di Jawa Timur tetap aman dan terkendali atau tidak akan terjadi gejolak harga," kata Muthowif, Kamis (11/2/2021).

Pria yang akrab disapa Thowif ini, para pedagang Sapi di Jatim mempunyai cara dalam mencukupi daging Sapi segar ke pasar-pasar tradisional. Para jagal tidak lagi tergantung pada sentra sapi kabupaten tertentu, semisal Kabupaten Probolingo, Malang dan Pare Kediri serta lainnya

"Para jagal sudah punya kemauan untuk membeli sapi siap potong di kabupaten yang lain, seperti magetan, Blitar, Ngadiluwih," jelas mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Dalam keterangan Pers selanjutnya, ia membandingkan kondisi di Provinsi Jawa Timur dengan  Wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) yang lebih tergantung Sapi Impor Australia. Sehingga terjadi perbedaan harga yang mencolok dari semula Rp 45.000 timbang hidup menjadi Rp 56.000.

"Sedangkan para jagal atau Pedagang daging sapi di Jawa Timur, selama ini lebih banyak memilih sapi lokal, dibandingkan dengan sapi eks import. Oleh karenanya, harga relatif lebih stabil di kisaran Rp 45.000 hingga Rp 46.000," ungkapnya. (mn/lp)
Lintas Portal