PPKM dan Penutupan Jalan, Pakar Kesehatan Unair Surabaya: Bisa Menekan Laju Penyebaran Covid-19

Foto: PPKM Surabaya
LintasPortal.com - Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Laura Navika Yamani mendukung langkah pemerintah pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021.

Laura berpendapat bahwa keputusan itu merupakan salah satu cara untuk bisa menurunkan tingkat kasus Covid-19.

"Dengan PPKM diperpanjang, maka diharapkan bisa mengurangi aktifitas masyarakat sehingga bisa secara langsung menekan laju penyebaran Covid-19," ujarnya.

Ia juga menyoroti keputusan Pemkot Surabaya dan Polrestabes yang akan menerapkan buka tutup di Jalan Darmo dan Jala Tunjungan setiap Jumat-Sabtu malam hingga pagi.

"Ini kan juga bagian dari mengurangi aktifitas masyarakat yang biasanya di jalanan itu di akhir pekan sangat padat. Sehingga, sekali lagi, bisa mengurangi laju penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Menurutnya, dengan cuaca dingin yang masih musim penghujan seperti sekarang ini virus semacam influenza sangat ganas.

"Kalau kita bicara virus infulenza atau flu, dia memang lebih ganas di suhu yang dingin. Makanya kalau di eropa, suntik vaksin flu itu wajib," jelasnya.

Oleh sebab itu, ia sangat setuju apabila diberlakukan penutupan jalan yang rawan menjadi tempat berkerumun banyak orang. "Kalau kerumunannya hilang kan juga aman," imbuhnya. (*)

Lintas Portal
Lintas Portal