Gojek - Tokopedia Merger Terbaik Untuk Saat Ini

Foto: Nilai Merger Mencapai Rp 250.2 T
LintasPortal.com - Dilansir dari Berita Bisnis.com Isu Merger dua perusahaan Unicorn Indonesia, Gojek dan Tokopedia santer kuat terdengar menjadi satu dalam satu atap Managemen Perusahaan.

Diprediksi oleh beberapa pengamat, jika dua perusahaan ini Merger maka Nilai Merger kedua perusahaan tersebut mencapai Rp 250.2 Triliun dan ini angka yang sangat besar dari Merger Tiga Bank Syariah belum lama ini.

Ketua Umum Yayasan Next Indonesia Unicorn (NextICorn) Daniel Tumiwa mengatakan melihat keduanya saat ini, baik Gojek maupun Tokopedia, jika bergabung maka akan menghasilkan fundamental bisnis yang jauh lebih kuat. ”Terlepas dari urusan merah putih atau regional, tapi lebih melengkapi satu sama lain,” ungkapnya.

Daniel meyakini dampak merger Gojek dengan Tokopedia sangat signifikan. Termasuk bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia. ”Dan kalau bicara Ekonomi Digital Indonesia, langkah ini akan lebih mempercepat perkembangan ekonomi kita,” yakinnya.

Jika kedua benar menjadi satu atau Merger maka kedua perusahaan ini akan bergerak dengan sangat cepat dalam menjalankan Usaha Bisnisnya, seperti diketahi bersama, Gojek bergerak dalam bidang Jasa Transportasi dan Makanan Minuman, kemudian Tokopedia bergerak dalam bidang Jasa E-Commercee atau Jasa Layanan Jual Beli Online, akan sangat berdampak langsung ke pasar dan End User sebab kedua perusahaan ini akan saling melengkapi dalam bidang yang berbeda.

”Memperluas jangkauannya dengan penawaran yang lebih lengkap. Tidak terhambat dengan isu-isu ego, proses, prosedur, ataupun hal teknis lainnya. Fokus untuk bisa sesegara mungkin mengangkat ekonomi Indonesia dengan pemberdayaan yang sudah dibawa oleh insititusi masing masing selama ini,” Daniel menuturkan.

”Secara ekonomi lebih penting bila Gojek dengan Tokopedia. Lebih bermanfaat. Layanan lebih lengkapnya. Satu-satunya di dunia yang cakupan layanannya akan seluas itu,” tambahnya.

Selain itu, berkaitan dengan rencana Initial Public Offering (IPO) Tokopedia di dua negara juga menjadi poin positif tersendiri. Terutama jika proses itu dilakukan setelah terjadinya merger dengan Gojek.

”Untuk rencana ini, saya hanya bisa berkata semoga segera terwujud dan lancar jalannya. Bukan Tokopedia yang akan menang kalau ini terjadi, tapi tiap warga Indonesia yang menang,” tegas Daniel yang juga Managing Director PT Infrastructure Digital Edukasi (IDE) itu. (qq/lp)