Raja Minyak Arab Lewat Dengan Raja Satu Ini Yang Paling Tajir Dan Kaya Sedunia

Foto: Raja Thailand Maha
LintasPortal.com - Mungkin anda berpikir Raja yang paling Tajir dan Kaya sedunia Raja Minyak Arab atau Sultan Bolkiah, namun faktanya adalah Raja Maha atau Raja Thailand yang paling Tajir dan Kaya sedunia, bahkan Raja minyak Arab dan Brunei Darusalam Sultan Bolkiah.

Melansir laporan South China Morning Post (SCMP), Rabu (23/12/2020) Raja Maha adalah yang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 43 miliar atau sekitar Rp 632 triliun. Sementara Sultan Hassanal Bolkiah hanya memiliki kekayaan US$ 28 miliar dan disusul Raja Salman tercatat hanya US$ 18 miliar.

Kekayaan Raja Maha didapat dari pengalihan semua kepemilikan di perusahaan besar yang dikenal dengan Biro Properti Mahkota (Crown Property Bureau/CPB) ke kepemilikan pribadinya.

CPB adalah sebuah perusahaan induk rahasia yang sarat dengan saham di perusahaan blue-chip Thailand dan tanah utama di jantung kota Bangkok.

Laporan Reuters mengatakan pengalihan itu memberinya kendali atas lebih banyak kekayaan daripada kekayaan Raja Saudi, sultan Brunei, dan gabungan keluarga kerajaan Inggris Aset, yang secara konservatif bernilai US$ 70 miliar.

Dibentuk pada tahun 1936, CPB memang beroperasi secara legal, namun tidak termasuk dalam lembaga pemerintah dan swasta, maupun bagian dari istana. Dewan direksi, yang dipilih sendiri oleh raja, tidak merilis laporan keuangan. Sebagian besar kepemilikannya tetap menjadi misteri. (qq/lp)
Lintas Portal
Lintas Portal