Naik Pesawat Harus Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Penumpang Merasa Kecewa


 


LintasPortal.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) pasti banyak masyarakat yang bepergian ke luar kota untuk menikmati waktu liburan. Ada yang berlibur menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Namun, perlu diketahui bersama, pemerintah telah mengeluarkan anjuran bagi masyarakat yang hendak berlibur ke luar kota menggunakan transportasi umum harus menyertakan surat hasil Rapid Test Antigen.

Termasuk calon penumpang transportasi jalur udara. Pihak Bandara Juanda Surabaya mengharuskan penumpang Rapid Test Antigen. Jika tidak, maka penumpang tidak diperkenankan terbang.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Yuristo Ardi Hanggoro mengungkapkan bahwa layanan rapid test sebetulnya sudah tersedia sejak awal pandemi. Namun jenis layanannya hanya Rapid Test Antibodi.

Sejalan dengan adanya kebijakan baru, Pemerintah mengisyaratkan bahwa penerbangan dari dan ke pulau Jawa atau antar bandara di dalam pulau Jawa, wajib memiliki hasil negatif Rapid Test Antigen.

"Sehingga layanan antibodi kita tambahkan menjadi layanan rapid Test Antigen. Kami tambahkan sebagai service tambahan layanan jasa agar start terbang lebih mudah," kata Yuris, Rabu (23/12/2020).

Sementara itu, banyak calon penumpang yang merasa kecewa lantaran mereka mengaku tidak mendapat informasi terkait peraturan tersebut.

Salah seorang penumpang, Chumaira (52) yang hasil rapid tes miliknya ditolak pihak bandara. Padahal, jadwal penerbangannya ke Makassar pada pukul 13.00 WIB.

"Dadakno aku kudu tes antigen. Aku Yo gak eroh (Ternyata saya harus tes antigen. Aku ya enggak tahu)," ungkap perempuan asal Madura ini.

Dia juga merasa kecewa kepada agen travel yang tidak memberitahu informasi tersebut saat melakukan pemesanan tiket. Sehingga dia terpaksa mengikuti Rapid Test Antigen kembali di bandara.

"Jadwalku di reschedule jadi jam 5 (sore). Jadi ada waktu buat tes Rapid Antigen. Ini rame banget!" tuturnya.

Pelayanan Rapid Test Antigen ini dimulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Bahkan untuk mengantisipasi animo masyarakat, PT Angkasa Pura 1 Bandara Juanda membuka pelayanan sejak pagi dan menambah sebanyak 11 tenaga medis untuk pelayanan Rapid Test Antigen. (mn/lp)
Lintas Portal
Lintas Portal