Diresmikan, Tahura Balas Klumprik Wiyung Surabaya Diharap Bisa Membawa Dampak Ekonomi Warga

Foto: Wali kota Tri Rismaharini saat resmikan Tahura Balas Klumprik, Wiyung, Surabaya
LintasPortal.com - Wali Kota Surabaya tri Rismaharini meresmikan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Balas Klumprik di Kecamatan Wiyung, Jumat (11/12/2020).

Diresmikannya Tahura Balas Klumprik ini diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar.

Wisata yang berada di Wilayah Surabaya Barat ini sebenarnya sudah mulai digarap sejak Desember 2010 lalu. Namun, pada tahun ini dipastikan siap secara infrastruktur.

"Sekarang sudah jadi dan kemudian infrastrukturnya sudah mulai disiapkan. Jadi kita geraknya mengarah ke lingkungan, sekaligus tempat rekreasi dan meningkatkan income (pemasukan) warga sekitar," kata Risma.

Risma juga berencana melakukan komunikasi lebih lanjut untuk membahas perihal pengelolaan lokasi itu. Dengan begitu, warga bisa mendapatkan dampak positif, terlebih dari segi ekonomi dari keberadaan Tahura Balas Klumprik.

"Kalau masuknya gratis, tapi kalau untuk venue-venue itu saya coba komunikasi dengan warga. Biar warga yang mengelola venue-venue itu sehingga bisa mendapatkan akses ekonomi dari tempat ini," terangnya.

Di sisi lain, warga sekitar juga diminta secara konsisten melakukan pemeliharaan terhadap lokasi Tahura, terutama masalah kebersihan area.

"Memelihara ini tidak mudah juga karena harus konsisten. Kalau enggak (bersih) orang (pengunjung) enggak akan tertarik ke sini, kemudian pasti akan pergi ke tempat lain," jelasnya.

Jika pengelolaan baik, kata Risma, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan bagi warga di sekitar lokasi Tahura dan Kota Surabaya.

"Sekarang tinggal bagaimana mengelola ini, masyarakat dapat akses ekonomi kemudian kita punya keuntungan dari oksigen dari hutan kota ini," lanjutnya. (mn/lp)

Lintas Portal
Lintas Portal