Di Kota Surabaya 36 Siswa SMP Dinyatakan Terpapar Covid-19

Foto: Ilustrasi Pelaksanaan Tes SWAB
LintasPortal.com - Berdasarkan hasil tes swab yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) kepada ribuan pelajar di tingkat SMP, setidaknya ada 36 orang siswa yang dinyatakan terpapar Covid-19.

"Kemarin sudah keluar hasil dari test swab dilakukan kepada siswa SMP, 36 siswa dari 3.627 tersebut. Sekitar satu persen yang dinyatakan positif Covid-19 dari 17 sekolah yang sudah dilakukan tes swab," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara (1/12)


Sesuai dengan protokol kesehatan oleh pihak Pemkot Surabaya, Kemudian ke 17 sekolah telah dilakukan tahapan assessment,

"Sebagai bentuk menyikap SKB Menteri tentang pembelajaran tatap muka," ucapnya tentang Tes swab kepada para pelajar ini merupakan bentuk persiapan Pemkot Surabaya sebelum memulai rencana sekolah tatap muka di tingkat SMP.

Sebenarnya lanjut Febri, pelajar yang akan di swab mencapai 4.000 orang. Namun dikarenakan adanya beberapa faktor, maka siswa yang mengikuti tes usap tersebut hanya berjumlahnya 3.627 orang.

"Beberapa hari yang lalu Pemkot melakukan swab test terhadap sekitar 4000-an siswa SMP. Namun, yang mengikuti sekitar 3627. Karena sudah ada yang melakukan swab mandiri dan juga ada beberapa wali murid yang mungkin kurang berkenan untuk melakukan sekolah tatap muka," jelasnya.

Diberikatan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan, dari hasil evaluasi yang bakal dilakukan itu akan menjadi acuan oleh pihaknya untuk memulai sekolah tatap muka.

"Masih dievaluasi, karena setelah dilakukan swab ke anak-anak ada yang positif," kata Supomo saat ditemui di Balai Pemuda Surabaya. (mn/lp)