BMKG Imbau Masyarakat Waspada dengan Cuaca Buruk di Musim Hujan

Foto: Ilustrasi
LintasPortal.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprediksi puncak musim hujan di seluruh Wilayah Jawa Timur akan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Juanda Surabaya, Arif Krisna.

Menurutnya, curah hujan di Desember 2020 akan mengalami intensitas sampai tingkatan lebat.

"Nanti puncaknya musim hujan dengan intensitas sedang sampai lebat, kami prediksi terjadi pada Januari Februari," kata Arif.

Pada Desember ini, kata Arif, angin cenderung berasal dari arah barat. Faktor yang mempengaruhi intensitas curah hujan adalah gangguan perubahan arah angin atau Siklon Tropis.

"Begitu juga di Bulan Januari dan Februari, angin berasal dari arah barat," ucapnya.

cuaca buruk juga bisa dipengaruhi munculnya Awan Cumulonimbus atau Awan CB yang memiliki kecepatan 69 Km per jam. Awan CB dikenal sebagai jenis awan yang menghasilkan cuaca buruk. Biasanya menimbulkan hujan, petir dan cuaca dingin.

"Untuk masyarakat diharapkan waspada terhadap hembusan angin kencang sesaat yang berasal dari Awan CB. Hindari papan-papan reklame, pohon tumbang. Jika dalam perjalanan berhenti terlebih dahulu. Segera mencari tempat perlindungan yang aman," ungkap Arif.

Selanjutnya, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca buruk di musim hujan yang belum selesai ini. Apalagi masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai. (mn/lp)

Lintas Portal
Lintas Portal