Membangun Big Data Langkah Strategis Awal Eri Cahyadi Saat Menjadi Walikota Surabaya


Foto: Eri Cahyadi Dalam Acara Ngopi Bareng IKA ITS MANYAR

LintasPortal.com - Eri Cahyadi Dan Armuji, dua kandidat yang diusung PDIP itu juga merancang sejumlah inovasi, disampaikan Eri di depan alumni ITS Manyar kemarin (24/10).

Ada tujuh program yang sudah dirancang. Tiga diantaranya menarik perhatian. Pertama yaitu membuat sentralisasi data. "Saya akan membuat big data," ucapnya. Big data itu berisi beraneka ragam data. Mulai data tingkat pendidikan, kesehatan, hingga kemiskinan. Nantinya, dengan data tersebut menjadi rujukan ketika mengambil kebijakan.

Contohnya data kemiskinan. Dengan big data, pemkot akan mengetahui pergerakan angka masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). "Sehingga yang belum bekerja langsung bisa ditangani," terangnya. Pertumbuhan ekonomi juga mudah terpantau. Pemkot akan mengatahui berapa PAD yang dihasilkan  "Sehingga bisa menjadi rujukan pembangunan tahun depan," ucap Alumnus ITS itu. 

Kedua yakni pengembangan potensi kota. Surabaya memiliki daya yang bisa diunggulkan. Salah satunya wisata. 

Contohnya Sentra Ikan Bulak (SIB). Tempat itu bisa menjadi pusat perdagangan ikan segar. Kawasan religius Ampel juga bisa dimaksimalkan. Untuk wisata berbasis agama.

Bukti itu terlihat ketika pemkot menutup dan menata kawasan Dolly. Kawasan ini telah berubah, menjadi salah satu sentra ekonomi. Dengan adanya UMKM pembuatan sepatu dan sandal, Dalam pembangunan pihaknya  akan mengajak kerjasama perguruan tinggi dikota Surabaya. "Sekaligus sebagai sarana kerja praktik mahasiswa," ucapnya

Di bidang pendidikan, Eri memberikan bimbingan les gratis pada siswa. Kegiatan itu digelar di Balai RW. Sehingga, anak-anak yang berasal dari warga yang ekonominya lemah mampu mendapatkan tambahan pembelajaran. 

Foto: Eri Cahyadi Terima Cinderamata Dari IKA ITS MANYAR

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) ITS Manyar, Riva Siregar mengapresiasi program kerja yang digagas Eri. Menurut dia, terobosan baru itu sangat dibutuhkan. 

Dia mencontohkan rencana Eri memberikan tambahan les. Untuk seluruh siswa. Menurut Riva, program itu sejalan dengan kegiatan yang dilakukan ITS Manyar. Yaitu urban development. "Bentuk kepedulian membangun warga Kota," jelasnya. (mn/lp)